Etika Saat Bekerja

13 03 2009

Saat menjelang makan siang ; lewat chat , temen sekantor saya mengajukan ide untuk makan siang lebih awal , karena kami memutuskan untuk makan siang disuatu tempat yang merupakan tempat favorit karyawan kebon sirih ( murah , enak dan banyak ;p ) , jadi saat jam-jam makan siang (12.00 – 13.00 )  tempat tersebut akan penuh sekali (  tempatnya kecil ) dan jika terlambat maka makanan yang enak sudah habis terlebih dahulu. Untuk menyiasati hal itu maka kami berkompromi untuk makan siang lebih awal. Saat itu pertanyaan yang terlontar oleh teman sekerja aku adalah ; ” etis ga sih kalau kita makan siang duluan ? ” yang kalau diterjemahkan menjadi :  ” etiskah jika kami makan siang lebih awal dari waktu makan siang yang seharusnya ?”

Karena selalu bekerja ditempat yang berenvironment ” bebas” dalam artian asal kerjaan beres maka ‘ jam berapa kamu pulang’ , ‘jam berapa kamu datang’ ,  ‘jam berapa kamu mau makan siang’ atau ‘jam berapa kamu selesai makan siang’  dapat dilakukan sefleksibel mungkin. Sehingga pertanyaan-pertanyaan mengenai hal ini hanya dijawab dan diterjemahkan berdasarkan indera perasa masing -masing dalam kata lain -> lihat sikond ( situasi dan kondisi ) ;p

Etika saat bekerja tidak selalu tercantum dalam  peraturan perusahaan.  Karena kebanyakan peraturan perusahaan yang ada hanya membahas soal hak dan kewajiban seorang karyawan ( yang terfokus pada masalah yang ujung – ujungnya duit .. ralat kesejahteraan  ;p ) Saya yakin bahwa  jarang sekali ada  peraturan yang mencantumkan ” tidak boleh ngeblog saat jam kerja ;p ” atau ” tidak boleh chatting ”  atau ” tidak boleh buka website yang ‘aneh -aneh’  pada saat jam kerja ” . Masalah perselingkuhan antar teman sekerja juga jarang dibahas  pada peraturan perusahaan terutama perusahaan swasta  ( he he .. entah kenapa ) . Mungkin karena itulah , hal-hal yang mengatur masalah  ini disebut etika, laksana norma adat atau norma sosial , dalam etika tidak dibuat aturan tertulis yang jelas, kita dituntut punya ‘sense’  yang tajam, pelanggaran terhadap etika kerja tidak hanya mengakibatkan ketidaknyamanan dalam lingkungan kerja kita , bahkan kadang menyebabkan penurunan kinerja dan kadang berujung dengan pemecatan.

Pada akhirnya saya dan teman sekerja saat memutuskan untuk makan siang seperempat menit lebih awal😀 . Namun kami juga kembali setengah jam lebih awal .. karena saya mempunyai pekerjaan penting untuk dilakukan ( yaitu ngeblog ;p )

Work Ethic adalah suatu hal yang harus  saya pelajari banyak – banyak  .

tea2


Actions

Information

2 responses

18 03 2009
Maho

Ckckckckckckck…

Ipeh sering banget nge-post!
Kalo gua gak bisa nge-post kalo pikiran lagi butek.
Biasanya gua baru bisa nulis kalo otak gua lebih butek lagi alias dalam kondisi titik puncak kebutekan otak. Hehehe…

18 03 2009
hear2me

😀 Aduh .. duh jadi ketahuan kalau di kantor aku ga da kerjaan, makanya bisa posting tiap hari ( moga-moga bos aku ga baca blog ini wakakakaka )

Leave a Reply

