Hari 0%

3 02 2009

Hari 0% adalah hari dimana total pengeluaran kita pada hari itu sebanyak 0% alias tidak keluar duit sama sekali. Sejak saya pindah ke Jakarta ( tepatnya kemarin ) , saya sedang mencoba trik ini , tapi karena sedang tergantung pada bajai (untuk pulang ke kantor pada malam harinya ) maka saya belum bisa memiliki hari 0% disini 😀 .

Apakah mungkin memiliki hari 0% ? Sebenarnya ini sangat mungkin, walaupun untuk saya hanya terjadi sesekali saja. Bagaimana caranya? Ini adalah trik-trik saya untuk mendapatkan hari 0% :

1. Berangkat dan pulang kantor berjalan kaki ( ini hanya bisa dilakukan jika jarak tempat tingal / kos dan kantor berdekatan )

2. Traktiran teman yang sedang punya event special  dan rapat – rapat di kantor sangat membantu (karena disana disediakan makanan gratis😀 )

3. Selalu bawa botol aqua dimana-mana (jadi anda bisa refill dimana saja )

4. Melewatkan sarapan.

5. Anda bisa memasak sendiri ( bahan-bahan yang dibeli dilain hari tidak dihitung pada hari ini , dan stock mie instan yang cukup sangat membantu )

6. Hindari berpergian yang tidak perlu .

Mungkin ada yang bertanya – tanya , apakah artikel ini tidak membuat kita terkesan pelit. Sebenarnya tidak, karena hari 0% dimaksudkan untuk mendukung keseimbangan neraca pengeluaran di lain hari. Biasanya ini saya coba terapkan setelah tabungan saya lumayan defisit ( seperti sekarang :p). Dan kalaupun saya tidak berhasil menerapkannya biasanya dengan mencoba saja maka pengeluaran saya dapat berkurang drastis. Pola pikir untuk mencoba menerapkan 0% itulah yang bermanfaat.

Mau mencoba ?

tabungan

gambar diambil dari blog ini


Actions

Information

Leave a Reply

